PENANAMAN NILAI MORAL ISLAMI PADA SISWA MI RAUDLATUL HASANIYAH SAMBIRAMPAK KIDUL KOTAANYAR PROBOLINGGO

Uswatun, Hasanah (2020) PENANAMAN NILAI MORAL ISLAMI PADA SISWA MI RAUDLATUL HASANIYAH SAMBIRAMPAK KIDUL KOTAANYAR PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Derasnya arus globalisasi dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibawa, nampaknya belum sepenuhnya mampu kita hadapi sebagaimana mestinya. Dampak yang sangat serius dari globalisasi ini tampak pada dunia pendidikan, terutama pendidikan anak usia pra sekolah yang sulit diatasi dalam pembelajaran nilai-nilai moral agama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Penanaman Nilai Moral Islami Pada SISWA MI RAUDLATUL Hasaniyah Sambirampak Kidul Kotaanyar Probolinggo dengan fokus penelitian: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran nilai-nilai moral islami di MI Raudlatul Hasaniyah Sambirampak kidul Kotaanyar Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, teori, dan metode. Informan penelitian adalah kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pelaksanaan pembelajaran nilai moral islami pada siswa MI RAUDLATUL Hasaniyah dimulai sejak anak masuk sampai menjelang lulus. Sebelum anak masuk kelas anak dibiasakan untuk berdo‟a, begitu juga pada saat anak akan pulang. Pembelajaran nilai-nilai moral Islami melalui bermain, misalnya anak bermain puzzle dengan nilai-nilai moral Islami yang didapat adalah agar anak didik dapat melatih kesabaran, dengan cerita anak didik dijelaskan tentang tauladan nabi/ rasul dengan nilai-nilai moral islami yang didapat adalah agar anak didik dapat berperilaku jujur, tanggung jawab, dan perilaku baik lainnya seperti nabi/rasul; Menyanyi, misalnya anak anak melagukan lagu-lagu Islami mengenai keesaan Allah serta melafadkan kalimat thoyyibah dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai moral Islami yang didapat agar anak didik dapat mengetahui tentang Islam, Iman, dan Ihsan dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran nilai-nilai moral islami didukung pada kegiatan ubudiyah, yaitu praktek sholat dan pengenalan al-Qur‟an. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran nilai-nilai moral islami adalah melalui pendekatan pembiasaan dan pendekatan keteladanan. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran nilai moral islami di MI Raudlatul Hasaniyah. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran nilai moral islami terdapat pada faktor lingkungan dan tenaga pengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Peningkatan Etos Kerja, Guru, Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 15 Dec 2022 11:57
Last Modified: 15 Dec 2022 11:57
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item