Nabilul, Fikri (2020) ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU PENDIDIKAN DI MA NURUL HIDAYAYAH SUMBERREJO PAITON PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (225kB) |
|
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (138kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS NABILUL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dianggap sebagai metode strategis untuk berinvestasi dalam modal Human Resource Development. Penggerak utama untuk keberhasilan suatu organisasi atau lembaga pendidikan adalah tenaga guru yang terus menerus meningkatkan etos kerjanya secara fleksibel dan dinamis sesuai dengan tuntutan zaman. Madrasah Aliyah Nurul Hidayah merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai gaya kepemimpinan kepala madrasah dengan melaksanakan fungsinya dengan baik sebagai manajer dan leader, dimana gaya kepemimpinannya dengan memberi motivasi kepada para guru untuk meningkatkan etos kerjanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan etos kerja guru yang diterapkan di MA Nurul Hidayah dengan fokus penelitian: strategi dan faktor yang menjadi kendala kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, teori, dan metode. Informan penelitian adalah kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan Etos Kerja Guru (pendidik) memiliki peran yang sangat penting. Pentingnya peran tersebut terlihat pada fungsi dan tugasnya sebagai kepala madrasah, yaitu: (a) kepala madrasah sebagai pimpinan (b) kepala madrasah sebagai administrator (c) kepala madrasah sebagai supervisor, Kedua faktor – faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan Etos Kerja Guru di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah secara garis besar ada 4 macam diantaranya ialah pertama, faktor individu itu sendiri seperti disiplin, motivasi, keterampilan, dan juga pendidikan dan kedua, faktor situasi, seperti iklim kerja, tingkat gaji, kesempatan berprestasi, dan lain sebagainya. Menurut Kapelman bahwa kinerja organisasi ditentukan oleh empat faktor antara lain yaitu lingkungan, karakteristik individu, karakteristik organisasi dan karakteristik pekerjaan, ketiga , faktor motivasi, dalam faktor ini bahwa motivasi pada dasarnya terbentuk dari sikap seorang guru dalam menghadapi situasi kerja. Keempat, faktor kemampuan, yang secara psikologi kemampuan (Ability) pegawai terdiri dari kemampuan potensi (IQ) dan kemampuan reality (Knowledge + Skill).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Peningkatan Etos Kerja, Guru, Pendidikan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:21 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1588 |
Actions (login required)
View Item |