Suherman, Herman (2022) Implementasi Media Pembelajaran Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII Di MTs Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (973kB) |
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (760kB) |
|
Text (BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
3. BAB akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version Download (274kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (484kB) |
|
Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Faizin kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an Hadits awalnya hannya menggunakan metode pembelajaran klasikal dengan media pembelajaran yang kurang variatif, sehingga Hasil Belajar siswa masih belum memuaskan. Hal ini tergambar pada gejala-gejala sebagai berikut: 1. Sebagian besar siswa tidak memperhatikan pelajaran ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, 2. Siswa sering ribut pada saat guru menjelaskan materi, 3. Siswa sering terlambat menyelesaikan latihan yang diberikan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang ingin diketahui adalah tentang : 1. Bagaimana perencanaan implementasi media pembelajaran card sort dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo. 2. Bagaimana implementasi media pembelajaran card sort dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo. 3. Bagaimana evaluasi implementasi media pembelajaran card sort dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki Situbondo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview dalam proses mengumpulkan data. Sedangkan analisa datanya adalah analisis interaktif Miles & Huberman dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Perencanaannya menggunakan model ASSURE dengan tahapan, menganalisis peserta didik, menetapkan tujuan, memilih metode dan materi, memanfaatkan media dan materi, partisipasi peserta didik, evaluasi dan revisi. 2. Pelaksanaannya dengan beberapa kegiatan, kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 3. Evaluasinya memakai ASESMEN AUTENTIC dengan jenis penilaian sikap dan penilaian tes tulis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Card Sort, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:19 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:19 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1587 |
Actions (login required)
View Item |