Niva, kurniawati (2020) PENERAPAN METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIQH MATERI SHOLAT FARDHU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MI MIFTAHUL ULUM CEMPOKOLIMO. Other thesis, Institut pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover and abstrak)
cover and abstrak.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Skripsi full)
Skripsi full pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Fiqih kelas II Miftahul Ulumu Cempoko Limo terbilang masih konvensional. Hal ini berdampak pada motivasi belajar kelas II Miftahul Ulumu Cempoko Limo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Fiqih kelas II Miftahul Ulumu Cempoko Limo, dalam pembelajaran Fiqih dengan menggunakan metode Card Sort. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas kelas II Miftahul Ulumu Cempoko Limo. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan dengan alokasi waktu untuk masing-masing pertemuan adalah 2 x 35 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengolah data, menyajikan data, menarik kesimpulan selanjutnya dilakukan refleksi. Untuk motivasi menggunakan lembar angket motivasi yang digunakan sebagai instrument untuk melihat tingkat keberhasilan model pembelajaran tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode Card Sort guna meningkatkan motivasi belajar siswa, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mempelajari konsep suatu materi pelajaran, (2) Mencocokkan materi di kertas A ke kertas B, (3) Mendiskusikan hasil menyusun, dan (4) Presentasi kelompok di depan kelas. Rata-rata hasil motivasi siklus mengalami peningkatan, rata-rata pada siklus I yaitu 70 meningkat menjadi 83 pada siklus II dan untuk hasil angket motivasi belajar pada siklus I yaitu 66% dengan kategori cukup sekali menjadi 86% dengan kategori baik sekali pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Card Sort, Fiqih, Motivasi Belajar, Sholat Fardhu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 10:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 10:11 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1581 |
Actions (login required)
View Item |