Implementasi pendidikan soft skill dalam meningkatkan motivasi belajar dan perilaku sosial peserta didik di smk pgri 16 jakarta

idhar, uddin (2020) Implementasi pendidikan soft skill dalam meningkatkan motivasi belajar dan perilaku sosial peserta didik di smk pgri 16 jakarta. Masters thesis, institut pesantren kh. abdul chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER1.pdf - Published Version

Download (682kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (bab 5 kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (tesis full teks)
TESIS FULL BAB 1-5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui gambaran implementasi pendidikan soft skill dalam meningkatkan motivasi belajar dan perilaku sosial peserta didik di SMK PGRI 16 Jakarta Timur, 2) Mengidentifikasi faktor pendungkung dan penghambat implementasi pendidikan soft skill dalam meningkatkan motivasi belajar dan perilaku sosial peserta didik., 3) Menganalisis upaya sekolah mengimplementasikan pendidikan soft skill dalam meningkatkan motivasi belajar dan perilaku sosial peserta didik di SMK PGRI 16 Jakarta Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa. Data diperoleh dari informan, yaitu: Guru PAI, peserta didik, guru PPKN,guru BK, wakil kesiswaan, dan kepala sekolah SMK PGRI 16 Jakarta Timur. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan impementasi pendidikan soft skill dalam meningkatkan motivasi belajar dan perilaku sosial peseerta didik di SMK PGRI 16 Jakarta Timur. Berjalan dengan baik yaitu dengan diberlakukannya pembinaan bersifat pelatihan kepemimpinan dan pembinaan kerohanian, adanya kegiatan-kegiatan positif seperti pengajian pagi jumat,shalat zuhur berjamaah tawasulan dan sebagainya serta pembiasaan berprilaku terpuji, didukung dengan sarana prasarana cukup baik. 2) Faktor pendukung Implementasi pendidikan soft skill dalam meningkatkan motivasi dan perilaku sosial peserta didik di SMK PGRI 16 Jakarta Timur. Sarana prasarana sekolah dan sarana prasarana pembelajaran yang baik, tenaga pendidik yang profesional, banyaknya kegiatan-kegiatan positif yang berkaitan dengan pendidikan soft skill. Sedangkan faktor penghambat ialah. Guru kurang memahami peraturan sekolah dengan maksimal, kurangnya komunikasi baik antara guru dengan pengurus ektrakulikuler maupun pejabat sekolah, kurangnya komunikasi inten dengan wali murid. 3) Upaya Implementasi pendidikan soft skill di SMK PGRI 16 Jakarta Timur yaitu pemberlakuan buku saku yang diberikan pada peserta didik. Ketika ada peserta didik tidak mengikuti aturan yang ditetapkan tidak diberlakukan hukuman melainkan pembinaan yang diarahkan kepada wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Pemberlakuan program sekolah yang soft skill. Serta Mengikutserkan pesrta didik di kegiatan rohani Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Soft Skill, Motivasi Belajar, perilaku sosial peserta didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:28
Last Modified: 24 Nov 2022 07:28
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item