Surya, Surya Amartika (2020) STRATEGI MANAJEMEN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH CERMEE BONDOWOSO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK_SURYA.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
2. PENDAHULUAN TESIS_SURYA.pdf - Published Version Download (162kB) |
|
Text (PENUTUP)
3. PENUTUP TESIS_SURYA.pdf - Published Version Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA TESIS_SURYA.pdf - Published Version Download (108kB) |
|
Text (FULL TEXT)
TESIS FULL_SURYA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
Abstract
Budaya religius lembaga pendidikan adalah upaya terwujudnya nilai-nilai
ajaran agama sebagai tradisi dalam berperilaku dan budaya organisasi yang diikuti
oleh seluruh warga di lembaga tersebut, dengan mewujudkan budaya religius, maka
akan dapat mengembangkan kecerdasan bukan hanya intelektual saja namun juga
kecerdasan emosional. Budaya religius di lembaga-lembaga pendidikan di
Indonesia nampak belum dipraktekkan dengan baik, karena kebijakan dan
kurikulum upaya pencapaian target-target prestasi akademis lebih diutamakan dari
pada pencapaian nilai-nilai luhur terhadap siswa. Dari itulah maka penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang strategi manajemen
budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di Madrasah
Aliyah Darul Falah Cermee Bondowoso.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian
lapangan (field reseach). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi
kasus. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang
diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi
dengan cara memanfaatkan sesuatu yang lain untuk keperluan pengecekkan atau
pembanding terhadap data.
Budaya madrasah yang baik akan membentuk karakter yang baik pula pada
peserta didiknya. MA Darul Falah Cermee Bondowoso memiliki budaya religius
untuk membentuk karakter siswa dengan kecerdasan emosional yang baik. Seluruh
steakholder madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi contoh nyata
bagi siswa. Ada pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan siswa di setiap harinya.
Budaya religius merupakan suatu bentuk terwujudnya nilai-nilai agama di
madrasah yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah. Dari
pelaksanaan-pelaksanaan itulah sikap siswa yang dipaparkan dari hasil wawancara
menunjukkan bahwa kecerdasan emosional yang dimiliki sangat baik, ini menjadi
jawaban atas program budaya religius yang dilaksanakan oleh MA Darul Falah
Cermee Bondowoso dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Budaya Religius, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 11:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 11:40 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1452 |
Actions (login required)
View Item |