Manajemen Pembelajaran Nahwu Sharaf di LKP Al-Azhar Pare, Kediri Menggunakan Metode Tamyiz Pada Masa Pandemi Covid 19

Azman, Azman Arif (2022) Manajemen Pembelajaran Nahwu Sharaf di LKP Al-Azhar Pare, Kediri Menggunakan Metode Tamyiz Pada Masa Pandemi Covid 19. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK AZMAN ARIF TESIS.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I AZMAN ARIF TESIS.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V AZMAN ARIF TESIS.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA AZMAN TESIS.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS AZMAN ARIF 2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan, manajemen memiliki fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Sehingga pendidikan non formal membutuhkan kemampuan dan keahlian manajemen untuk menunjang efektifitas dan kualitas lembaga sehingga pengelolaan suatu lembaga berjalan dengan sistematis. Salah satunya lembaga kursus Al-Azhar, Pare dalam mengembangkan pembelajaran dan keterampilan nahwu dan sharaf dengan menggunakan metode Tamyiz secara jarak jauh online ataupun offline di masa pandemi. Menjadi lembaga yang pengelolaan pembelajarannya dimulai dari planning, organizing, actuating dan evaluating sehingga meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi COVID 19, menjadi jauh lebih baik dan terstruktur. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan hambatan serta cara penyelesaian dari manajemen pembelajaran nahwu sharaf di LKP Al-Azhar Pare, Kediri dengan menggunakan metode Tamyiz pada masa pandemi COVID 19.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh dari penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dan sekunder yang didapat dengan cara tidak langsung. Teknik penelitian yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk selanjutnya analisis data yang digunakan ada 4 tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan ialah ketekuanan pengamatan peneliti, triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan pada nahwu Sharaf di LKP Al-Azhar Pare, Lembaga tersebut hanya memiliki silabus tidak untuk RPP, dikarenakan pada kursusan ini berfokus pada target setiap periodenya. Proses pengorganisasian Direktur bersama manajer sudah melakukan pembagian tugas secara jelas terhadap seluruh koordinator, guru-guru, dan penanggung jawab kelas. Proses Pelaksanaan pembelajaran online untuk periode baru dimulai setiap tanggal 1 dan offline setiap tanggal 10, pada tanggal 1 dan 10 setiap kelas sudah bisa mengakses kelas onlinenya dan kelas offline. Sedangakan hambatan pada penelitian ini disebabkan ketidakstabilan jaringan, pengontrolan satgas yang memakan banyak waktu, banyak peserta yang terlambat pada saat zoom meeting, dan pemahaman anak yang berbeda-beda berdasarkan latar belakangnya. Solusi yang diberikan ialah memberikan fasilitas tambahan online ataupun offline kepada peserta didik sehingga dapat bertanya pembelajaran yang kurang dipahami. Dan yang paling terpenting dari metode ini adalah memperbanyak praktek dan mengulang secara pribadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: persepsi, mahasiswa, reality show
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:45
Last Modified: 16 Sep 2022 07:45
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item