KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM PANDANARUM

Rixsi, Riadi (2022) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM PANDANARUM. Diploma thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB V AKHIR PENUTUP)
BAB V AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (857kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (743kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keterampilan seorang guru dalam mengajar dan mengelola kelas pada mata pelajaran matematika, karena dalam mengajar dan mengelola kelas merupakan perkara yang kompleks, sehingga guru harus dituntut memiliki keterampilan dan skill dalam mengajar dan mengelola kelas untuk mewujudkan dan menciptakan keadaan kelas sedemikian rupa. Sehingga para peserta didik dapat belajar dengan tenang dan terwjudnya tujuan pembelajaran yang telah diharapkan.
Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian di MI Pandan Arum dengan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk penjabaran data dilakukan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas bahwa ada faktor yang menjadi penghambat dalam mengelola yaitu kurangnya dasar kemampuan siswa, sarana dan prasarana yang terbatas, dan pengaruhnya jam pelajaran. Dalam mengatasi hal ini guru melakukan upaya dalam mengatasi hal tersebut, bagi siswa yang kurang mampu dalam dasar kemampuannya guru melakukan les privat terhadap siswa tersebut, kemudian sarana prasarana guru memanfaatkan alam sekitar sekolah yang bisa dijadikan sebagai bahan media pembelajaran. Dan yang terakhir pengaruhnya jam pelajaran, semakin siang jam pelajaran maka konsentrasi siswa semakin berkurang guru melakukannnya dengan cara ice breaking agar siswa kembali bersemangat dalam proses pelajaran matematika, karena pelajaran matematika sangat butuh konsentrasi yang mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:05
Last Modified: 16 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item