Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtem 3 Pembelajaran 1 Kelas IV MIN 1 Mojokerto

Muhammad, Ikhza Saputra (2022) Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtem 3 Pembelajaran 1 Kelas IV MIN 1 Mojokerto. Diploma thesis, Institut KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (797kB)
[img] Text (BAB V (Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada era modernisasi ini ditemukan persoalan pada pembelajaran tematik yang belum maksimal, mengenai kesulitan yang seringkali dihadapi pada pembelajaran yaitu siswa tidak fokus pada pembelajaran dan sulit membedakan transisi antar mata pelajaran pada tematik sehingga berujung tidak memahami materi yang disampaikan. Hal ini juga ditimbulkan sebab dari peserta didik merasa bosan hanya memperhatikan buku, dan kurang berminat pada pembelajaran yang bersifat satu arah. Sementara perilaku peserta didik ketika pembelajaran siswa cenderung lebih diam serta tidak aktif dalam pembelajaran Media yang digunakan oleh guru untuk menunjang aktivitas belajar peserta didik saat ini biasanya berupa video pembelajaran yang dimana di kombinasikan dua materi yakni visual dan auditif untuk merangsang indera penglihatan dan pendengaran peserta didik
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kelayakan media audio visual berbasis canva pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV MIN 01 Mojokerto? 2) bagaimana respon siswa terhadap media audio visual berbasis canva pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV MIN 01 Mojokerto? Sedangkan tujuan dari pengembangan media audio visual berbasis canva ini adalah valid/layak dan respon dari siswa ketika pembelajaran berlangsung di MIN 1 Mojokerto. Penelitian ini memiliki jenis penelitian dan pengembangan atau bisa disebut dengan Research and Development (R&D) bahwasanya penelitian Research and Development adalah sebuah metode penelitian yang dipergunakan untuk menghasilkan dan mencoba efektivitas produk tertentu. Bertujuan untuk menghasilkan media audio visual/video pembelajaran siswa bisa lebih layak dan mendapat respon lebih ketika digunakan di era modernisasi masa kini. Untuk mencapai tujuan yang dinyatakan, media audiovisual berbasis Canva yang sedang dikembangkan menjalani pengembangan menggunakan paradigma ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.
Hasil penelitian dan pengembangan media audio visual berbasis Canva kelas IV di MIN 1 Mojokerto berikut ini adalah valid untuk digunakan di sekolah, yang mana sesuai dengan hasil penilaian dari tiga pakar yaitu pakar materi, pakar media, dan 2 guru kelas IV A di MIN 1 Mojokerto dengan persentase 86%, 74%, 91%, 90%. 2. Hasil respon siswa kepada kelas IV di MIN 1 Mojokerto adalah baik (layak) yaitu terdapat dua persentase yang berbeda yaitu 88% pada kelas IV A dan 84% pada kelas IV B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Canva, Penelitian dan Pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:05
Last Modified: 16 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item