Sahrul, Muharram (2020) IMPLEMENTASI NILAI NILAI ASWAJA DALAM PENGUATAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH BENDUNGAN JATI PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (837kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (Tesis Fulltext)
TESIS FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-An diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa visi Aswaja adalah untuk mewujudkan manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, etis, jujur dan adil (tawassuth dan i’tidal), berdisiplin, berkeseimbangan (tawazun), bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya ahlussunnah wal jama’ah (amar ma’ruf nahi munkar). Pendidikan Aswaja merupakan mata pelajaran yang penting dan banyak aplikasinya dalam kehidupan.
Tujuan penelitian ini ialah sebagai berikut: (1) Mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Penguatan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto. (2) Mengetahui Nilai-nilai Aswaja dalam Penguatan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah Unggulan Bendunganjati Pacet Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan kasus tunggal. Data dikumpulkan dengan latar alami (natural setting) sebagai sumber data langsung. Pendekatan kualitatif sengaja dipilih sebagai upaya untuk mendapatkan gambaran secara mendalam tentang bagaimana pendidikan aswaja dalam penguatan akhlak siswa. Pada tahap selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menemukan sekaligus mendeskripsikan data secara alamiah melalui fakta di lapangan penelitian.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Nilai-nilai Aswaja dalam penguatan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto Menanamkan pendidikan aswaja pada siswa dengan adanya muhadhoroh yang dilaksanakan 3 bulan sekali yang intinya ada serangkaian kegiatan kemudian dzikrul ghofilin, dalilunnajah setiap apel pagi di baca di dalam dalilunnajah ada istighosah, adzan dan doa lainnya, khitobah, tahlil, membaca surat yasin, solat dhuhur berjamaah. Dan penerapannya sudah di implementasikan dengan adanya Madin seperti dibaan, membaca Kitab-kitab dan membaca asmaul husna sebelum pembelajaran di mulai. Pemantapan Visi, Misi karena Visi, Misi MAU Hikmatul Amanah mengacu pada Visi, Misi Pondok Pesantren Amanatul Ummah dan 10 komitmen yaitu: beriman, bertaqwa, berilmu, jujur, disiplin, bersih, bertanggung jawab, rapi, ramah, dan sopan. (2) Nilai-nilai Aswaja dalam Penguatan Akhlaksiswa yaitu dzikir, tawadhu’,Tawazun (seimbang),Tasamuh (toleran),Tawasuth (moderat), Ta'adul dan amar makruf nahi mungkar, Jujur dalam bertindak,semangat, kreatif dan mengaji kitab kuning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Aswaja, Penguatan Akhlak |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 09:00 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 09:00 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1390 |
Actions (login required)
View Item |