Samsudin, Samsudin (2020) MODERNISASI PENDIDIKAN PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PAJARAKAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover-Abstrak)
1 Cover Abstrak.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
2 BAB I.pdf - Published Version Download (705kB) |
|
Text (BAB Akhir)
3 BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (463kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (462kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
5 TESIS SAMSUDIN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pesantren akan tetap survive dan menjadi lembaga ideal sebagai kebutuhan pendidikan masyarakat bila pesantren terus bergerak maju melakukan perubahan yang lebih baik dan sesuai zamannya. Pada era yang serba modern ini pesantren dituntut memodernisasi segala aspek yang ada khusunya aspek pendidikan dengan tujuan pesantren mampu bersaing dengan lembaga lain. Kondisi ini terjadi pada Pesantren Zainul Hasan Genggong yang merubah pola pendidikannya ke arah modern.
Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan bagaimana kebijakanmodernisasi pendidikanPesantren Zainul Hasan, bagaimana bentuk modernisasi pendidikan Pesantren Zainul Hasandan bagaimana tindak lanjut setelah modernisasi pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus.Pengambilan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan; teknik triangulasi sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan Penelitian adalah Ketua Yayasan, Pengasuh, Pengurus, Ustadz dan santri.
Hasil penelitian dari Modernisasi Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong adalah pesantren yang awalnya salaf murni kemudian di modernkan dengan mengadopsi pesantren Modern.Kebijakan modernisasi pendidikan pesantrenadalah sistem pengajaran yang lamakalau dipertahankan cenderung tertinggal dan adanya tuntutan dari masyarakat yang semakin kompleks dan variatif.Sedangkan bentuk modernisasi pendidikan meliputi aspek kelembagaan, kurikulum, aspek pembelajaran, sarana prasarana dan fungsional pesantren.Adapun tindak lanjut setelah modernisasi yang dilakukan Pesantren adalah: pertama Pesantren berkembang semakin maju karena dapat mengikuti irama perkembangan zaman. Kedua peran Pesantrendalam pengembangan agama Islam bagi masyarakat sekitar semakin menunjukkan hal yang positif. Ketiga Proses pembelajaran semakin tertib, karena telah tersusun manajemen organisasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modernisasi, Pendidikan Pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 15 Aug 2020 09:30 |
Last Modified: | 15 Aug 2020 09:30 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
View Item |