MODEL KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI (NON-AKADEMIK) MELALUI VIRTUAL LEARNING (Studi Pada SMA Negeri I Pacet)

Baiq, Zil Karimah (2021) MODEL KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI (NON-AKADEMIK) MELALUI VIRTUAL LEARNING (Studi Pada SMA Negeri I Pacet). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chaim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL BAIQ ZIL)
Skripsi Zil fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Model komunikasi merupakan suatu gambaran sederhana tentang proses komunikasi
yang terjadi baik individu maupun kelompok. Model komunikasi ini menggambarkan
tentang suatu fenomena yang terjadi ketika sedang memberikan gambaran kongkrit yang
sama-sama keterkaitan antara satu komponen dengan komponen komunikasi lainnya.
Penggunaan model komunikasi ini dianggap efektif dalam keberhasilan suatu komunikasi
karena pesan (Massage) yang disampaikan dapat diterima oleh sasarannya. Dalam hal ini
yang terjadi di SMA Negeri 1 Pacet melaksanakn pembelajaran secara virual learning
dengan memanfaatkan media sebagai perantara. Dalam hal ini model komunikasi ini juga
memiliki hambatan-hambatan yang terjadi ketika melakukan komunikasi antara guru dan
siswa seperti suara putus-putus, gambarnya hilang dan lain sebagainya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui model komunikasi guru dan siswa dalam meningkatkan
prestasi Non-akademik melalui virtual learning.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model komunikasi Shannon
and weaver. Adapun yang menjadi informan disini adalah kepala sekolah SMA Negeri 1
Pacet, Guru pembimbing mata lomba, dan beberapa siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan
menggunakan tekhnik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam model komunikasi Shannon and
weaver ini adalah dalam komunikasi itu memerlukan Sumber Daya Informasi (SDI) yang
kemudian membentuk pesan untuk dikomunikasikan melalui perantara seperti Smarthphone
dengan menggunakan saluran internet. tetapi dalam proses komunikasi melalui virtual ini
tidak lepas dari gangguan (noise). Dan penulis melihat bahwa proses komunikasi yang
digunakan oleh guru dan siswa di SMA Negeri 1 Pacet ini cukup efektif dan efisien
sehingga mampu untuk mengasah kekreatifitas anak.
Kata Kunci : Model komunikasi, Peningkatan Prestasi Non-akademik, Virtual Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model komunikasi, Peningkatan Prestasi Non-akademik, Virtual Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ushuluddin > Broadcasting
Depositing User: S1 KPI IKHAC
Date Deposited: 17 Sep 2022 09:09
Last Modified: 17 Sep 2022 09:09
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item