Siti, Halimatus Zahro (2022) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVA MATERI BANGUN DATAR MI DWI DASAWARSA TRAWAS. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
PDF_COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
PDF_ BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN)
PDF_ PENUTUP&KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
PDF_ DAPUS.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (REPOSITORY FULL TEXT)
PDF_ REPOSITORY_SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Matametika merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada pendidikan
formal baik dari tingkat dasar sampai tingkat menengah. Namun kenyataannya
matematika masih menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit dan rumit oleh
siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil PISA (Programme International Student
Assesessment) tahun 2018 yang mana Indonesia menduduki peringkat ke 72 dari 79
negara. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang dilakukan masih
monoton, sehingga terkesan kurang menarik bagi siswa. Pendekatan pendidikan
matematika realistik Indonesia adalah sebuah pendekatan pembelajaran
matematika berbasis benda nyata (konkret) sehingga siswa nantinya akan
memahami proses belajarnya sesuai dengan kegunaan ilmu pada kehidupan sehari�hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas IVA materi bangun datar. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Tipe one group pretest
posttest design. Dengan sampel penelitian kelas IVA yang berjumlah 25 siswa
kemudian diberikan perlakuan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari
skor pretest sebesar 31,64 meningkat pada posttest menjadi 44,86. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik
Indonesia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IVA materi bangun datar.
Kemudian menggunakan analisis data uji paired sampel T-Test dari soal diperoleh
nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika
realistik Indonesia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IVA materi
bangun datar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Nur Sayfiah Khotim, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Approach Of Indonesian Realistic Mathematics Education, Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 09:23 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 09:23 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1351 |
Actions (login required)
View Item |