STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA TERNATE)

Nujura, Kuto (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA TERNATE). Masters thesis, institut pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Bab V Penutupan)
BAB V PENUTUP REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (tesis nujura kuto full teks)
FULL TESIS REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nujura Kuto. 2022 “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate)”. Tesis. Magister Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing: Dr. M. Afif Zamroni, Lc.,M.E.I
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate. Dalam penelitian ini peneliti menjabarkan strategi kepala MAN 1 Kota Ternate diantaranya peningkatakan mutu akademik, non akademik, strategi pengembangan kurikulum dan pengambilan keputusan, serta kepala madrasah dalam melakukan monitoring dan evaluasi.
Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari kepala madrasah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan dan guru serta dokumen. Teknik analisis data peneliti menggunakan teorinya Miles dan Huberman Dan untuk menguji kebasahan data menggunakan triangulasi sumber, data dan waktu.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan 1) kepala madrasah dalam pengembangan mutu akademik dengan menerapkan manajemen pendidikan mutu berbasis madrasah. a. pemantapan pelaksanaan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. b. Peningkatan jumlah jenis dan mutu sebagai peningkatan dan pemerataan pelayanan pendidikan. c. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebagai usaha pelayanan pendidikan yang merata. d. Peningkatan mutu pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran dan hasil evaluasi belajar (output) serta dapat bersaing dengan satuan pendidikan layanan pada jenjang pendidikan selanjutnya (autocome) e. Kegiatan bersifat kemasyarakatan. Pada non akademik pembinaan kepada para peserta didik yang akan mengikuti kegiatan non akademik dengan memberikan pelatih yang mengembangkan potensi peserta didik secara profesional. 2) Implementasi pengembangan kurikulum yang tetap mengacu empat indikator pertama indikator hukum, indikator filosofis, indikator psikologis, dan indikator sosilogis. Pengambilan keputusan mengunakan partisipatif dan demokratis. 3) pengendali mutu kepala madrasah mempersiapkan dokumen monitoring, memantau langsung ke kelas, Kepala madrasah juga bersentuhan langsung dengan aktivitas para guru di kelas. Kepala madrasah dalam evaluasi dan tindak lanjut sangat sistematis dilakukan karena kepala madrasah tidak langsung melaporkan dan memberikan sangsi namun melakukan pembinaan dan rapat secara bersama, setelah itu dilakukan pemanggilan secara individu kepada para guru dengan pembinaan dan memberikan laporan secara periodik.

Kata kunci : Strategi, Mutu, Lembaga Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi, Mutu, Lembaga Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:38
Last Modified: 15 Sep 2022 08:38
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item