KURIKULUM MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 POLEWALI MANDAR PRESPEKTIF MANAJEMEN MUTU SEKOLAH

HIRMA, IMMA (2022) KURIKULUM MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 POLEWALI MANDAR PRESPEKTIF MANAJEMEN MUTU SEKOLAH. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (TESIS FULL)
5. TESIS HIRMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri 2 Polewali Mandar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 POLMAN .
Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, kesiswaan, komite dan siswa. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber.
Berdasrkan hasil penelitian dari 4 standar termuat 4 prinsip yaitu : 1. Standar Kompetensi Lulusan ditinjau: a) kepuasan pelanggan, keterlibatan orangtua murid dalam perumusan SKL, b) kepemimpinan yaitu keterlibatan kepalah sekolah dalam perumusan SKL, c) TeamWork, kerja sama antara guru dalam merumuskan SKL. d) pengukuran, evaluasi terhadap nilai siswa 2. Standar Isi ditinjau: a) kepuasan pelanggan, mampu menguasai dan menjelaskan materi pelajaran,b) kepemimpinan, kepala sekolah terlibat dalam penyusunan prgram c) TeamWork, keterlibatan, kepalah sekolah, dewan guru, komite, dan dinas pendidikan (d) pengukuran, ketercapain program-program yang telah disusun 3. Standar Proses ditinjau: a) kepuasan pelanggan, untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran dengan Membuat silabus pembelajaran b) kepemimpinan, kepala sekolah melakukan bimbingan penyusunan dan pengembangan silabus. c) TeamWork, kerja sama dalam perumusan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti sampai dengan kegiatan penutup d) pengukuran, yaitu evaluasi terhadap,proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran. 4. Standar Penilaian ditinjau: a) kepuasan pelanggan penilaian terhadap siswa yang meliputi penilain sikap, pengetahuan, dan keterampilan b) kepemimpinan, yaitu kepala sekolah melakukan evaluasi bersama c) TeamWork, kerja sama guru-guru dalam merumuskan materi, mendesain kegiatan pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, mengembangan bahan ajar, d) pengukuran, dilakukan pada saat penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan pada silabus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM, MANAJEMEN MUTU SEKOLAH
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:32
Last Modified: 08 Sep 2022 07:32
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item