agin, wagini (2022) Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Santri (Studi Kasus Di Kelas Jilid 6 Taman Pendidikan Al-Qur’an Fatchul Ulum Pacet). Diploma thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.
Text (cover dan abstrak)
file1.pdf - Published Version Download (469kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (423kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (274kB) |
|
Text (FULL TEXT)
fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Wagini, 2022. Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Santri (Studi Kasus Di Kelas Jilid 6 Taman Pendidikan Al-Qur’an Fatchul Ulum Pacet). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Pesantren KH.Abdul Chalim Mojokerto. Pembimbing Ishmatun Nihayah, M.Pd.I
Kata kunci : Metode Yanbu’a, Meningkatkan Kefasihan, Membaca Al-Qur’an, Santri
Metode merupakan salah satu unsur terpenting berhasilnya suatu pembelajaran. Metode Yanbu’a merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pengajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an. Di jilid kelas 6 TPQ Fatchul Ulum rata-rata anaknya sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun masih dijumpai beberapa anak yang masih perlu dibimbing lagi agar bacaannya benar-benar fasih dan lancar. Menyikapi hal tersebut, perlu diterapkan suatu metode yang lebih tepat salah satunya yaitu metode Yanbu’a.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi dari implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Fatchul Ulum Pacet. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut : Perencanaan meliputi : 1) Pengklasifikasian kelas. 2) Tes seleksi. 3) Pelatihan dan penentuan guru. 4) Pembuatan jadwal. 5) Pengadaan alat dan media pembelajaran. 6) Penyiapan materi. 7) Pemberian evaluasi. Pelaksanaan implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Fatchul Ulum Pacet, 1) Terdiri dari tiga tahapan yaitu pra-intruksional, intruksional dan penutupan atau penilaian 2) Menggunakan sistem klasikal, individual dan sistm baca simak klasikal. Evaluasi implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Fatchul Ulum : 1) Ujian kenaikan halaman. 2) Ujian kenaikan jilid. 3) Imtihan Niha’iy.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Yanbu’a, Meningkatkan Kefasihan, Membaca Al-Qur’an, Santri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 09:45 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 09:45 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1295 |
Actions (login required)
View Item |