SUSANTI, . (2020) PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MAN 1 MOJOKERTO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN K.H. ABDUL CHALIM.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (607kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (510kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (457kB) |
|
Text (TESIS FULL TEKS)
TESIS FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pentingnya peserta didik harus memiliki kecerdasan interpersonal, karena sangatlah penting dan berguna untuk bekal hidup di masyarakat. Kecerdasan interpersonal yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik adalah kemampuan berempati, menunjukkan rasa hormat, sopan dan satun kepada sesama, disiplin terhadap peraturan sekolah, berkomunikasi dengan baik kepada siapapun dan mampu bekerja sama dengan baik, mampu bertanggung jawab atas tugasnya sendiri dan bisa menerima kritik dan saran dari orang lain. Sebagaimana hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang mana peserta didik diharapkan memiliki tiga kecerdasan yaitu kognitif, afektif, dan pkisomotorik yang di dalamnya terkandung kecerdasan interpersonal, namun realitanya masih banyak peserta didik yang memiliki kecerdasan kognitif yang tinggi namun kecerdasan interpersonalnya masih rendah, melalui program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di harapkan peserta didik dapat mengembangkan kecerdasan interpersonalnya.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kecerdasan interpersonal peserta didik melalui program ekstrakurikuler keagamaan di MAN 1 Mojokerto, dan (2) faktor penghambat kecerdasan interpersonal peserta didik di MAN 1 Mojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Metode Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan kecerdasan interpersonal peserta didik MAN 1 Mojokerto bisa berkembang dengan seringnya peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang mana dalam kegiatan tersebut peserta didik selalu berinteraksi dengan orang lain, dengan berinteraksi peserta didik menjadi mudah akrab dengan orang lain, menghormati orang lain, bekerjasama dengan baik, merasakan apa yang di rasakan orang lain, dan lebih percaya diri. (2) Faktor penghambat dalam pengembangan kecerdasan interpersonal peserta didik di MAN 1 Mojokerto adalah faktor keluarga, teman, lingkungan sekitar, dan teknologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal, Ekstrakurikuler Keagamaan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 15 Aug 2020 08:33 |
Last Modified: | 15 Aug 2020 08:33 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/128 |
Actions (login required)
View Item |