STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA TARBIYATUL ISLAM GENDING PROBOLINGGO

Fauzan, Fauzan (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA TARBIYATUL ISLAM GENDING PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (764kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text
4. DAFTARR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (738kB)
[img] Text
5. TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi Kepala Sekolah merupakan seni dan pengetahuan yang diperoleh seorang kepala sekolah dalam merumuskan, mengimplementasikan, mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memudahkan organisasi dalam pencapaian tujuan. Guru merupakan kunci keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Baik buruknya perilaku atau tata cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi citra lembaga pendidikan. Zaman globalisasi ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan mengalami pertukaran yang sangat cepat. Profesionalisme dalam bidang tersebut sangat diharuskan, terutama profesionalisme guru. Dalam Mewujudkan visi MA Tarbiyatul Islam Gending Probolinggo tersebut tentunya ada peran Sumber Daya Guru yang profesional, sebagai penunjang yang mampu menyelenggarakan pendidikan secara utuh dan menyeluruh yang termuat serta dapat meningkatkan mutu pendidikan di MA Tarbiyatul Islam Gending Probolinggo.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model pengembangan kompetensi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan, 2) Bagaimana langkah-
dan guru. langkah strategis Kepala Sekolah untuk mengembangkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam strategi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi guru di MA Tarbiyatul Islam Gending Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan kebabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program In service education atau In service training. (2) Langkah strategis kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan dan latihan, yang kedua strategi non formal yaitu guru atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Mutu Pendidikan.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 30 Oct 2022 08:34
Last Modified: 30 Oct 2022 08:34
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item