STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA RA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DIDIK DI RA SITI AISYAH PAKUNIRAN PROBOLINGGO

SYARIFAH, SYARIFAH (2020) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA RA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DIDIK DI RA SITI AISYAH PAKUNIRAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
SAMPUL + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (926kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (628kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS SYARIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Syarifah,2020. Strategi Kepemimpinan Kepala RA dalam meningkatkan prestasi anak didik di RA Siti Aisyah Pakuniran Probolinggo,
Tesis Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Insitut Pesantren KH. Abdul Chalim, Pembimbing: Dr. Abu Darim, M.Pd
Tesis ini membahas tentang strategi kepemimpinan kepala RA dalam meningkatkan dan prestasi anak didik di RA Siti Aisyah Pakuniran Pakuniran Probolinggo. Tujuan Tesis adalah 1).Dapat mendiskripsikan Strategi kepemimpinan Kepala RA dalam merencanakan peningkatan prestasi anak didik di RA Siti Aisyah Pakuniran Probolinggo.2). Dapat mendiskripsikan Strategi kepemimpinan Kepala RA dalam mengimplementasikan peningkatan prestasi anak didik di RA Siti Aisyah Pakuniran Probolinggo 3). Dapat mendiskripsikan Strategi kepemimpinan Kepala RA dalam mengevaluasi peningkatan prestasi anak didik di RA Siti Aisyah Pakuniran Probolinggo,4). Dapat mendiskripsikan Faktor penghambat kepemimpinan kepala RA dan penyelesaian nya di RA Siti Aisyah Pakuniran Probolinggo.
Metodologi penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. lokasi penelitian yaitu RA Siti Aisyah dan jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder.
Metode pengumpulan data yaitu obervasi, interview, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala RA dalam meningkatkan prestasi anak didik sangat efektif, hal itu terlihat pada peran yang sangat penting selaku kepala RA, yaitu: 1) sebagai pemimpin RA, sebagai motivator,administrator, dan sebagai supervisor, 2) langkah yang ditempuh dalam meningkatkan prestasi anak didik yaitu: (a) menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif sehingga anak didik betah di sekolah, (b) membangun hubungan kerjasama yang harmonis, (c) selalu mengikut sertakan guru dalam kegiatan yang bermanfaat (d) bersaing sehat untuk pengembangan RA, (e) memberi apresiasi dan penghargaan pada guru yang berkinerja baik serta mampu mendorong peserta didik untuk berprestasi, (f) Melibatkan guru dalam setiap kegiatan , (h) melakukan evaluasi pada setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Implikasi penelitian ini adalah kepada kepala RA agar senantiasa berusaha memperbaiki strategi kepemimpinan, memperbaiki manajemen kepemimpinan untuk terus mengembangkan RA, dan guru agar berusaha untuk meningkatkan kinerjanya dalam memotivasi dan membimbing anak didik sehingga dapat tercapai mutu pendidikan yang lebih baik yang kemudian akan bermunculan prestasi-prestasi yang akan di capai anak didik baik di bidang akademik dan non akademik.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala RA,Prestasi anak didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala RA,Prestasi anak didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:16
Last Modified: 16 Aug 2022 08:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item