Syamsul, Hadi (2022) IMPLEMENTASI METODE QUR'ANI SIDOGIRI DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SANTRI DI MADRASAH IBTIDA'IYAH AL-JAWAHIR KEDUNGDUNG SAMPANG. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (175kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (248kB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (133kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan firman Allah Subhanahu Wa ta’alaa serta sebagai
Mukjizat agung yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shollallahu ‘alaihi
Wasallam melalui perantara malaikat Jibril. Membaca Al-Qur’an disamping
mendapat pahala (Al-Muta’abbad Bitilaawatihi), dapat juga membangkitkan
perasaan manusia dengan menghayati bacaan tersebut tentang keindahan yang
dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap segala sesuatu yang telah tercipta
oleh Allah sehingga dapat meningkatkan keimanan. Dalam rangka menunjang
kualitas kemampuan membaca Al-Qur’an, perlu adanya metode yang efektif
dalam rangka memudahkan proses transfer ilmu. Metode pembelajaran sendiri
merupakan prosedur umum dalam transfer materi agar tercapai tujuan
pembelajaran. Madrasah Ibtida’iyah Al-Jawahir mulai menerapkan metode baca Qur’an
yang dicetuskan oleh Pondok Pesantren Sidogiri yang merupakan salah satu
pesantren bercorak salaf yang ada di Jawa Timur dengan metode baca Qur’an
yang bernama “Metode Qur’ani Sidogiri”. Dalam penelitian ini menggunakan
jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) sebelum diterapkannya
MQS, belum ada penerapan khusus tentang pembelajaran di bidang Al-Qur’an
sehingga beberapa santri baik itu yang masih aktif atau yang sudah lulus tidak
dapat dijamin kualitasnya dalam bidang membaca Al-Qur’an. 2) MQS mulai
diterapkan sejak tahun 2019 dan proses pembelajaran dilaksanakan di pagi
hari serta dimasukkan dalam jadwal aktif pembelajaran di jam pertama dengan
tujuan agar santri lebih fokus dalam mengikuti pelajaran 3) Adapun faktor
penghambat dari proses pelaksanaan MQS di MI Al-Jawahir yaitu mengenai
masalah kedisplinan peserta didik yang masih kurang tertib dalam proses
pembelajaran. Dalam hal ini guru dituntut agar dapat mengatasi masalah
tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan cara memberikan Reward &
Punishment atau yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Qur’ani, Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:52 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 07:52 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1244 |
Actions (login required)
View Item |