STRATEGI MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI MA. NURUL JADID BANYUPUTIH SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

Hasim, Asyari (2020) STRATEGI MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI MA. NURUL JADID BANYUPUTIH SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. hASIM_Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Bab Awal Pendahuluan)
2. hASIM_Bab Awal (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Bab Akhir Penutup)
3. hASIM_Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. hASIM_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Tesis Full Hasim Asyari)
TESIS FULL_HASIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang 1). Strategi Manajemen pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di MA. Nurul Jadid yang meliputi: Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan Pengawasan. 2). Hambatan atau kendala yang dihadapi dalam proses manajemen pengembangan profesionalisme guru. 3). Apa yang dapat dicapai proses manajemen peningkatan profesionalisme guru.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini adalah MA. Nurul Jadid, dilakukan dari bulan Januari sampai juni tahun 2020. Adapun subjek dari penelitian ini adalah Guru, siswa, Kepala sekolah dan pendiri Madrasah. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan tekhnik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang strategi manajemen pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa bahwasanya : 1) Proses strategi manajemen diantaranya-Perencanaan,Pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dilakukan oleh guru di sekolah yakni dengan menganalisis program yang sudah ada yakni dengan menindaklanjuti program yang sudah berjalan seperti membuat program mengajar yang dapat mengembangkan profesionalisme guru. - Pengorganisasian, guru melakukannya dengan langkah memberikan tugas secara kelompok dan mandiri kepada siswa. -.Pengkoordinasian, sekolah memberikan kesempatan pada para guru untuk mengikuti kegiatan yang tujuannya mengembangkan profesionalisasi dalam mengajar, seperti : seminar , studi lanjut, workshop, dan sebagainya. - Pengawasan, yakni dengan adanya evaluasi terhadap program yang sudah terlaksana, dilakukan supervisi terhadap guru ketika sedang mengajar serta pembinaan oleh pengawas 2).Adapun hambatan atau kendala yang dihadapi diantaranya kurangnya sarana dan prasarana yang memadai serta pembiayaan, selain itu kurangnya kesadaran guru untuk melakukan pengembangan 3). Yang dicapai adalah membuat anggaran yang ditujukan untuk program pengembangan juga diadakan seminar dan pelatihan guru. Selain itu memberikan peluang pada guru untuk mengikuti program pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengembangan, Profesionalisme Guru
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:58
Last Modified: 09 Aug 2022 07:58
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item