MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN SIKAP SOSOAL SISWA(Studi Kasus di Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto)

MUHAMMAD, KASIM MAKBUL (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN SIKAP SOSOAL SISWA(Studi Kasus di Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Caver.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (FULL TESIS)
ISI TESIS full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu dan sikap sosial siswa di Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto tahun ajaran 2020, dengan objek penelitian yaitu manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu dan sikap sosial siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana manajemen pendidikan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. (2) Bagaimana upaya peningkatan mutu dan sikap sosial siswa (3) Dan faktor pendukung serta penghambat manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu dan sikap sosial siswa di Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pertama, Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah menerapkan manajemen pendidikan secara moderen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan, yang semakin membaik dengan melakukan perbaikan terus menerus. Kedua dalam upaya peningkatan kualitas mutu dan sikap sosial siswa melalui beberapa upaya yaitu: a. Peningkatan kualitas tenaga pendidik dengan beberapa strategi 1). Strategi formal yaitu melalui musawarah guru mata pelajaran, mengikuti pelatihan-pelatihan, serta mengikuti seminar 2). Strategi non formal seperti menerapkan kedisiplinan, memberikan motivasi dengan cara ungkapan maupun penghargaan. b. Peningkatan mutu untuk peserta didik antara lain yaitu peningkatan kualitas belajar dengan cara penambahan jam belajar di luar jam formal, memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi, memberikan hukuman, kepada peserta didik yang tidak menaati peraturan lembaga, pengadaan sarana dan prasarana yang memadai serta pembinaan kepada siswa agar belajar aktif dan berprestasi. c. Upaya peningkatan sikap sosial siswa dengan cara menanamkan sikap percaya diri, rasa bertanggung jawab serta memiliki rasa kepedulian kepada sesamanya dengan berbagai macam cara yaitu melalui kegiatan-kegiatan religi seperti tahlilan, dibaan, manakiban serta melalui organisasi-organisasi madrasah. Ketiga faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu dan sikap sosial siswa di Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto yaitu 1) Faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana, dukungan dari masyarakat sekitar, semangat belajar siswa serta motivasi yang tinggi baik dari guru maupun siswa . 2) Faktor penghambat yaitu faktor Internal dan External.
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Mutu siswa dan guru, Sikap sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Mutu siswa dan guru, Sikap sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:19
Last Modified: 04 Aug 2022 07:19
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item