Risa, Risa Nur Sa’adah (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (314kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (111kB) |
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (957kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (121kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Risa.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sa’adah, Risa Nur. 2020, Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Value Clarification Technique (VCT) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet, Tesis Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Pesantren KH. Abdul Chalim, Pembimbing: 1. Dr. H. M. Afif Zamroni, Lc., M.E.I.
Kata kunci: VCT, Bahan Ajar, Penelitian dan Pengembangan
VCT adalah salah satu teknik pembelajaran yang dapat memenuhi tujuan pendidikan nilai, dapat diartikan sebagai teknik pengajaran untuk membantu peserta didik dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri peserta didik. Bahan ajar berbasis VCT masih jarang diterapkan dalam pembelajaran. Hal yang serupa juga terjadi di SMP Negeri 1 Pacet yang mana bahan ajar minim sekali jumlahnya. Bahan ajar yang tersedia untuk peserta didik adalah berupa buku paket saja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah prosedur penelitian dan analisis kebutuhan dalam pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis Value Clarification Technique (VCT) di kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet? 2) Bagaimana keefektifan pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis Value Clarification Technique (VCT) di kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet? Sedangkan tujuan dari untuk menghasilkan produk bahan ajar yang digunakan sebagai rujukan dalam pembelajaran PAI yang berbasis value clarification technique di kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet dan menjelaskan tentang keefektifan pengembangan bahan ajar dalam model pembelajaran PAI berbasis value clarification technique kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ADDIE, dengan menggunakan uji validasi materi, desain dan bahasa serta eksperimen dengan pre-test dan post-test. Kemudian untuk mengetahui tingkat keefektifannya adalah dengan Uji-T. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Value Clarification Technique (VCT) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacet, 2) Dengan pengembangan buku ajar yang telah disusun, proses belajar mengajar memiliki efektifitas dan efisiensi didalam peningkatan dalam pembelajaran PAI. Dengan nilai t-hitung 5.493876333 > t-tabel 2.048407142 dengan taraf kepercayaan 99%. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai akhir dengan nilai awal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VCT, Bahan Ajar, Penelitian dan Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Jul 2022 10:18 |
Last Modified: | 23 Jul 2022 10:18 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1183 |
Actions (login required)
View Item |