Alfa, Nihlatillah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Komik bagi Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hikmatul Amanah. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
cover_abstrak[1].pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab_i[1].pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
bab_v[1].pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka[1].pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi_Alfa_Revisi[1].pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Media visual merupakan salah satu jenis media yang sering dijadikan sebagai pembawa pesan yang dapat menstimulasi siswa mengembangkan ide dalam menulis, dan media komik termasuk salah satunya. Komik adalah cerita bergambar karya seni manusia yang mempunyai sifat sederhana, jelas dan mudah dipahami, tetapi mempunyai nilai informatif dan edukatif. Keberadaan komik begitu populer di kalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun. Ternyata selain sebagai media penghibur, komik saat ini telah berfungsi sebagi media pembelajaran seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Untuk itu peneliti berinisiatif mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berupa media komik tanpa teks yang dapat menginspirasi siswa menemukan ide untuk menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prototipe dari media komik tanpa teks dan mengetahui nilai kelayakan dari media yang dikembangkan tersebut.
Desain penelitian ini adalah termasuk research and development dengan menggunakan lima langkah dari total sepuluh langkah menurut Borg and Gall. Lima langkah tersebut yaitu: 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Informasi 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket validasi.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah dengan menunujukan nilai dari kelayakan media dan materi melalui angket validasi yang diserahkan kepada validator ahli. Aspek media yang terdiri dari tiga aspek yaitu: tampilan gambar, penyajian media, dan fungsi media memperoleh hasil presentase 67,27% sementara aspek materi yang terdiri dari: relevansi, keakuratan dan penyajian materi secara keseluruhan memperoleh hasil presentasi 73,33%. Dari hasil kedua aspek itulah dapat diakumulasikan dengan presentase 70% yang artinya media komik tanpa teks masuk kategori layak dan bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Komik, Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | S1 PBA IKHAC |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 08:30 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 08:30 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1078 |
Actions (login required)
View Item |