IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN ASWAJA DI MTS MIFTAHUL HUDA SEMANDING TUBAN

M, TARWI (2021) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN ASWAJA DI MTS MIFTAHUL HUDA SEMANDING TUBAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
SAMPUL.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS MUH TARWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendekatan kontektual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep pembelajaran dimana pendidik menghubungkan materi yang di ajarkan dengan situasi siswa yang sebenarnya, dan mendorong siswa untuk menjalin hubungan antara pengetahuan mereka dengan kehidupan sehari-hari atau dengan istilah lain belajar sambil bermain dan implementasi CTL pada pembelajaran aswaja disini dimana guru memberikan dan menunjukkan pengetahuan tentang Aswaja kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat mengenal, memahami dan mengamalkan akidah Aswaja, serta mampu mengembangkan dan menerapkan dalam kehidupan dengan pendekatan CTL
Fokus penelitian dalam tesis ini ialah bagaimana Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Aswaja kelas VIII di MTs Miftahul Huda Semanding Tuban, Apa saja faktot-faktor yang menghambat Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Aswaja kelas VIII di MTs Miftahul Huda Semanding Tuban, Apa dampak pembelajaran Aswaja kelas VIII di MTs Miftahul Huda Semanding Tuban dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Mathew Miles dan A Michael Hubermen, yakni reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan (Verufikasi).
Hasil penelitian dari implementasi CTL pada Mata Pelajaran Aswaja cukup baik mulai dari penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan yang meliputi a) pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan mental siswa b) membentuk kelompok belajar c) menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran mandiri d) mempertimbangkan keragaman siswa e) memperhatikan multi-intelegensi siswa f) menggunakan teknik-teknik bertanya dan g) menerapkan penilaian autentik, dan hambatan dalam pendekatan ini 1) Proposionalitas lineritas kependidikan belum sesuai 2) kurangnya jam pelajaran kurangnya guru aswaja 3) mengembangkan media pembelajaran yakni media IT (elektronik) 4) Pandemic covid 19 dan 5) pandang masyarakat tentang pengurus yang bekerja di muhamadiyah sementara dampak pendekatan contextual teaching and learning 1) antusias siswa tinggi 2) siswa dapat berfikir kritis 3) penyediaan media pembelajaran yang cukup memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendekatan CTL, Aswaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 31 Mar 2022 09:32
Last Modified: 31 Mar 2022 09:32
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item