PROBLEMATIKA KOMPETENSI MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI DARUL HIDAYAH SUDIMORO TULANGAN SIDOARJO

Sri, Wulandari (2020) PROBLEMATIKA KOMPETENSI MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI DARUL HIDAYAH SUDIMORO TULANGAN SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover pembimbing + abstrak - WATERMARK.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (Bab I)
bab 1 tesis bu sri ok watermark.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (Bab V)
penutup tesis bu sri ok watermark.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka tesis bu sri ok watermark.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Thesis Full)
utuh tesis bu sri - watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penguasaan guru terhadap materi pelajaran, mutlak wajib dimiliki guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Jika guru tidak menguasai materi, maka proses belajar mengajar yang dilaksanakannya tidak akan berjalan dengan baik dan lancar.
Pengelolaan kelas yang ideal adalah apabila guru dapat mendayagunakan seluruh potensi kelas berupa pemberian desempatan yang seluas-luasnya kepada setiap personal untuk melakukan kegiatan - kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efisien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan siswa. Dengan kata lain pengelolaan kelas dapat menciptakan lingkungan kelas yang baik yang memungkinkan para siswa berbuat sesuai dengan keinginannya seperti halnya dalam lingkungan masyarakat. Sebaliknya kelas yang tidak dikelola secara baik dapatmenimbulkan rasa tidak tenang, tidak aman dan tidak nyaman bagi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini dapat menimbulkan rasa bosan pada diri siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar.Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan Sesuai dengan konteks penelitian yang telah diuraikan di atas, maka fokus penelitian yang dijawab dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Bagaimana optimalisasi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam di MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo”?, 2)Faktor kelemahan apa saja yang menyertai Optimalisasi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam di MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo?
Metode penelitian yang akan digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini memuat tentang prosedur penelitian yang menghasilkan atau deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Obyek penelitian dibatasi seputar aktifitas maupun interaksi yang dilakukan oleh siswa MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo untuk mengatasi kompetensi mengajar guru.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, 1)Penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam di MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo masih perlu dioptimalkan, mengingat kelebihan yang ditemukan di madrasah ini terbilang masih dalam katagori cukup. 2)Faktor kelemahan apa saja yang menyertai Optimalisasi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru Pendidikan Agama Islam di MI Darul Hidayah Sudimoro Tulangan Sidoarjo menyangkut keterbatasan inovasi dan kreativitas mengajar sebagaimana yang harus direspon di masa kemajuan teknologi dan informasi sat kini. Kelemahan dan hambatan ini disolusi secara non teknis dan perlu pelatihan dan pengembangan pada aspek pendidikan dan pelatihan bagi guru PAI-nya. Dan solusi yang ditawarkan adalah Perlunya pendalaman persepsi materi ajar sekaligus teknik penguasasaan kelas dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, Perlunya mengatasi kelmahan dan hambatan peningkatan kompetensi guru melalui intensitas diklat dan pembinaan motivasional, Perlunya keterpaduan sinergi kepala madrasah, pengawas madrasah, serta guru PAI dalam rangka peningkatan kompetensi guru madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penguasaan materi Pelajaran, Kemampuan mengelola kelas
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 04 Mar 2022 10:02
Last Modified: 04 Mar 2022 10:02
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item