STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS ASSHULTHON KADEMANGAN PROBOLINGGO

KHOIROTUN, NISAIL FITRIAH (2020) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS ASSHULTHON KADEMANGAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak Repos.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I TESIS.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V TESIS.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Thesis Full)
TESIS Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan islam yang unik di Indonesia tentu saja menjadi acuan pendidikan lantaran basis pesantren yang menjadi ruh pengelolaannya. Membahas mutu pendidikan madrasah tentu melahirkan banyak perspektif yang memaksa peneliti utuk jeli mengidentifikasi variable atau operasionalisasi konsep yang melingkupi pengelolaan madrasah. Dibutuhkan strategi yang jitu oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Dari latar belakang tersebut, ada beberapa pertanyaan utama, 1) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Mts AsShulthon Kademangan Probolinggo? 2) Bagaimana mutu pendidikan di Mts AsShulthon Kademangan Probolinggo? 3) apa saja kendala strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Mts AsShulthon Kademangan Probolinggo?
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pola deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan kerangka teori stategi kepemimpinan, teori kepala madrasah, serta teori mutu pendidikan.
Penelitian ini sampai pada temuan bahwa 1) Strategi kepemimpian kepala madrasah di Mts Assulthon Kademangan Probolinggo cukup signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Mts Assulthon Kademangan Probolinggo, terutama dalam strateginya sebagai mediator dan inspirator dengan segala keterbatasan dan kelebihannya. Aspek afeksi dan psikomotorik kepemimpinan kepala madrasah di Mts Mts Assulthon Kademangan Probolinggo dapat dijadikan sandaran percontohan bagaimana menjadi kepala madrasah yang berperan aktif dalam kualitas mutu pendidikan. 2) Mutu pendidikan di Mts Assulthon Kademangan Probolinggo belum sepenuhnya berkualitas, namun memiliki optimalisasi pada kreativitas pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, kepemimpian kepala madrasah yang persuasif mengayomi serta dukungan pihak terkait, yang ini tentu mendorong peningkatan mutu pendidikan. 3) Kendala yang dihadapi pada pengambilan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Mts Assulthon Kademangan Probolinggo meliputi kendala internal dan eksternal yang dimungkinkan bisa diatasi seiring optimalisasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikannya.
Maka dari itu kesimpulan dari penelitian diatas, yakni Kepemimpinan kepala madrasah harus diselenggarakan dengan sepenuh pengabdian, karena isnpirasi bisa datang bagi semua pihak bila kepemimpinan persuasif mengayomi ini dijadikan rujukan utama kepemimpinan di sebuah madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 22 Jan 2022 11:06
Last Modified: 22 Jan 2022 11:06
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item