PERAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ALQURAN HADITS SISWA MI MIFTAHUL HUDA NOGOSARI PACET MOJOKERTO

Siti, Khumairo (2020) PERAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ALQURAN HADITS SISWA MI MIFTAHUL HUDA NOGOSARI PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER_ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (732kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (448kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam belajar sangat diperlukan adanya motivasi. Prestasi belajar akan menjadi optimal, jika ada motivasi, motivasi akan menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa motivasi yang berhasil bagi seorang anak atau suatu kelompok mungkin tak berhasil bagi anak atau kelompok lain. Motivasi yang diberikan disini adalah berupa reward dan punishment. Bagi peserta didik yang berprestasi perlu diberikan penghargaan (reward) terhadap prestasinya tersebut, dan bagi peserta yang bermasalah juga perlu diberikan sanksi (punishment) tetapi yang bernilai edukatif. Reward dan punishment yang bernilai dapat membantu proses belajar mengajar lebih aktif, selain itu reward dan punishment menambah motivasi belajar peserta didik sehingga berpengaruh juga terhadap prestasi belajar. Dengan adanya reward dan punishment oleh guru terhadap peserta didik, maka peseta didik akan lebih serius dan disiplin bersungguh-sungguh dalam belajar, sehingga prestasi belajarnya pun akan meningkat.
Fokus penelitian ini adalah Peran Reward dan Punishment untuk meningkatkan prestasi belajar AlQuran siswa. Studi ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui peran pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan prestasi belajar al-qur’an hadits siswa MI Miftahul Huda Nogosari Pacet Mojokerto, dan 2) Untuk mengetahui penghambat peran pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan prestasi belajar al-qur’an hadits siswa MI Miftahul Huda Nogosari Pacet Mojokerto
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informasi yang diperoleh dari informan digunakan sebagaimana adanya. Penelitian kualitatif yang dimaksudkan agar dapat mendeskripsikan dan menganalisis apa yang terjadi dilapangan denagan lebih jelas secara detail sehingga dapat dikumpulkan informasi akurat tentang peran pemberian reward dan punishment peran meningkatkan prestasi belajar al-qur’an hadits siswa MI Miftahul Huda Nogosari Pacet Mojokerto.
Peran pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan prestasi belajar Alquran hadits siswa MI Miftahul Huda Nogosari Pacet Mojokerto diselenggarakan secara menyeluruh dan berkelanjutan oleh guru Alquran Hadits dalam bentuk preventif dan represif dalam rangka menanamkan kedisplinan, tanggungjawab dan kesantuan pada diri anak didik. Mata pelajaran alquran hadits yang berorientasi pada aspek afeksi dan psikomotorik harus dikawal dengan mengikutkan pengalaman belajar kepada anak didik untuk tujuan membangun pribadi yang berakhlaqul karimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 10 Jan 2022 11:40
Last Modified: 10 Jan 2022 11:40
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item