INOVASI PEMBELAJARAN PEGON DALAM IMPLEMENTASI PELAJARAN KITAB BERBAHASA ARAB JAWI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA DESA RANDUGENENGAN KECAMATAN DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO

Ibnu, Rizqin (2020) INOVASI PEMBELAJARAN PEGON DALAM IMPLEMENTASI PELAJARAN KITAB BERBAHASA ARAB JAWI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA DESA RANDUGENENGAN KECAMATAN DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1.COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (995kB)
[img] Text (BAB I)
2.BAB I.pdf - Published Version

Download (780kB)
[img] Text (KESIMPULAN)
3.PENUTUP KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (Tesis Full teks)
5.TESIS_IBNU RIZQIN_PAI_2017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam pendidikan di pondok pesantren lazimnya menggunakan bahasa Pegon sebagai bahasa pembejarannya. Ini berguna untuk membaca kitab-kitab yang di gunakan dalam pembelajaran tersebut yang umumnya berbahasa Arab Jawi. Sehingga anak-anak yang akan masuk pesantren setidaknya paham akan bahasa Pegon.
Tujuan tesis ini adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan tentang Inovasi Mata Pelajaran Bahasa Pegon dalam Implementasi Pembelajaran Kitab Berbahasa Arab Jawi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Randugenengan Kecamatan Dlanggu. Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah bagaimana metode dan inovasi mata pelajaran Bahasa Pegon dan kitab berbahasa Arab Jawi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Randugenengan Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto?, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Pegon dan kitab berbahasa Arab Jawi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Randugenengan Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto?, dan juga faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab berbahasa Pegon di MI Nurul Huda Desa Randugenengan Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto?.
Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat induktif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sebagai pendukung data yang ada.
Hasil analisis kualitatif memberikan gambaran bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Pegon dan kitab berbahasa Arab Jawi sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan, dan para pendidik juga telah membuat suatu bahan pembelajaran yang lebih mudah sehingga peserta didik cepat mampu membaca dan memahami Bahasa Pegon

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Pegon, Kitab Pegon, Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 07 Jan 2022 10:34
Last Modified: 07 Jan 2022 10:34
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item