IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL ALQURAN JUZ 30 PADA SISWA MI. NAHDLATUL ULAMA’ KRAKSAAN PROBOLINGGO

Mohammad Asi, Mohammad Asi (2020) IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL ALQURAN JUZ 30 PADA SISWA MI. NAHDLATUL ULAMA’ KRAKSAAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Khalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
HALAMANSAMPUL DAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab VI New Refisi.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Tesis Full text)
Tesis Ful tex ....pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Kata kunci: Metodetikrār
Tujuan Penelitian in adalah (1) Untuk mendiskripsikan menghafal Alquran dengan metode Tikrar padasiswa MI.Nahdlatul Ulama’ KraksaanProbolinggo (2) Untuk menganalisis faktor yang mendukung dan penghambat dalam menghafal Alquran dengan metode Tikrar Pada siswa MI. Nahdlatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo. (3) Untuk menganalisi supaya yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah menghafal Alquran dengan metode Tikrar pada siswa MI. Nahdlatul Ulama’ Kraksaan Probolinggo. Dalam menganilis data, peneliti menggunakan analisis kualitatatif , dimana data yang dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dan studi kasus, tetapi titik penekanan pada studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) wawancara, 2) obserfasi, 3) dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah implementasi metode tikrar dalam menghafal juz amma menggunakan pembiasaan membaca dengan diulang-ulang tapi terstruktur, Langkah langkah yang harus metode tikrar diantaranya: Perbaiki tahsin bacaan (maharatul Qiroah), Menggunakan mushaf tikrar, Satu halaman mushaf di bagi menjadi 4 bagian, disebut maqra' (1/4). satu maqra' dibagi lagi menjadi dua yang disebut maqta' (1/2 maqra' atau 1/8 halaman), satu halaman itu di bagi delapan, mencatat jumlah bacaan pada kolom yang telah disediakan di kanan atau kiri pada setiap halaman, kolom digunakan untuk 5 kali membaca, mencatatmenggunakan pensil biar bisa di hapus dan digunakan lagi.
Faktor pendukung dalam menghafal surat pendek metode tikrar adalah (a) Siswa rata-rata sudah bisa ngaji sejak awal masuk MI, karena RA Nahdlatul Ulama’ Kraksaan TPQ sudah ada di dalamnya (b) MI. Nahdlatul Ulama’ Kraksaan adalahsiswa yang masuk di MI Nahdlatul Ulama’ Kraksaan sudah dipastikan bisa baca Alquran. (c) Peran serta semua guru di MI. Nahdlatul Ulama’ Kraksaan sangat baik, semua guru bisa ngaji semua, setiap awal masuk dan pulang wajib semua siswa baca surat-surat pendek sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan (d) Lingkungan juga menjadi tolak ukur kesuksesan program, Keluarga juga sebagian besar bisa ngaji, akhirnya orang tua sering ngontrol akan keberadaan anak, teman juga. Faktor penghambat menghafal surat pendek metode tikrar (a) Masih ada siswa yang belum bisa ngaji (b) Orang tua kurang berperan aktif dalam mengawasi anak (c) Keharmonisan orang tua mempengaruhi motivasi belajar anak.Upaya menghafal surat pendek (Juz Amma) metode tikrar (a) Tes IQ(b)Pengelompokan siswa kami seleksi dari awal masuk keMI. NahdlatulUlama’ Kraksaan (c)Koordinasidengan orang tua/wali murid.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metodetikrār, Menghafal Alquran
Subjects: L Education > LE Individual institutions (America except United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:43
Last Modified: 14 Aug 2020 05:43
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item